2/20/2009

Gmail Space: Memanfaatkan Gmail Sebagai Tempat Penyimpanan File

Selain untuk penggunaan standar email, saya termasuk salah seorang yang biasa memanfaatkan mailbox webmail sebagai tempat penyimpanan file, dengan tujuan agar mudah mendownload lagi jika memerlukannya. Setelah adanya Gmail dengan kapasitasnya yang besar, maka file-file saya simpan di salah satu account Gmail yang saya miliki. Untuk melakukan hal tersebut saya menggunakan cara biasa berkirim email dan file-file tersebut dijadikan attachment. Cara tersebut kemungkinan akan berubah setelah saya mengetahui adanya extension Firefox untuk keperluan seperti ini. Nama extensionnya adalah Gmail Space (GSpace).

Setelah extension GSpace diinstall, maka akan muncul submenu baru “GSpace” di bawah menu Tools pada Firefox. Jika diklik, GSpace muncul sebagai tab baru. Tampilannya mirip tampilan pada software FTP client, sebelah kiri menampilkan daftar file pada suatu direktori di komputer kita, sebelah kanan menampilkan tree “direktori” pada Gmail dan bagian bawah untuk menampilkan proses download dan upload yang dilakukan.





Untuk mengklasifikasikan file-file yang kita upload, kita dapat membuat direktori pada direktori Gspace. Jika melihat hasil upload melalui tampilan di Gmail, hasil upload file dan direktori yang dibuat akan diterima seperti email berattachment biasa dengan subjek diawali “GSpace”.



Kemarin saya mencoba mengupload file berekstensi .exe –salah satu ekstensi yang tidak dibolehkan sebagai attachment pada Gmail–, ternyata langsung dapat dilakukan. Setelah melihat hasil upload file melalui Gmail, pada attachment ekstensi .exe tersebut diubah menjadi .exe_gs. Jadi jika mendownloadnya melalui webmail, setelah didownload, ekstensinya harus diubah secara manual menjadi .exe kembali. Untuk file-file yang ekstensinya memang diperbolehkan sebagai attachment ekstensinya akan tetap. Untuk file dengan besar lebih dari 10 MB, saya belum sempat mencobanya, padahal menurut informasinya hal ini dapat dilakukan.

Sebelumnya saya pernah mendengar adanya software tersendiri untuk tujuan yang sama dengan menjadikan Gmail sebagai drive tambahan pada komputer kita. Namun kalau tidak salah, software tersebut mensyaratkan diinstall melalui administrator, jadi repot jika akan menggunakan di komputer dengan batasan penggunaan, misalnya di warnet. Sedangkan GSpace, sepanjang kita bisa menginstall extension di Firefox, maka GSpace dapat kita install. Saya sendiri sudah mencoba menggunakan di komputer warnet yang menerapkan batasan penggunaan untuk menginstall program.

0 comments:

Template by : kendhin x-template.blogspot.com