5/22/2009

Microsoft Office dan Format Dokumen ODF, PDF, dan XPS

Baru-baru ini Microsoft telah mengumumkan tentang rencana dukungan Microsoft Office 2007 terhadap format dokumen XML Paper Specification (XPS), Portable Document Format (PDF) , dan Open Document Format (ODF). Tetapi, itu baru akan direalisasikan pada rilis Microsoft Office 2007 Service Pack 2 (SP2) yang dijadwalkan pada pertengahan tahun 2009.

Bagaimana jika saat ini memang ingin menggunakan format-format dokumen tersebut pada Microsoft Office 2007? Kita dapat menggunakan tool tambahan berikut agar dapat menggunakan Microsoft Office mendukung format-format tersebut.

- Microsoft Office Add-in: Microsoft Save as PDF or XPS
Add-in khusus untuk Microsoft Office 2007 dari Microsoft yang memungkinkan untuk mengekspor dan menyimpan dokumen dalam format PDF dan XPS. Untuk menginstall dan menggunakan memerlukan validasi keaslian produk Microsoft Office yang digunakan.

- Sun ODF Plugin for Microsoft Office
Plugin untuk Microsoft Office yang memungkinkan penggunanya membuka, mengedit, dan menyimpan dokumen dalam format Open Document Format (ODF). Selain untuk Microsoft Office 2007, plugin ini juga dapat digunakan untuk Microsoft Office 2003, XP, dan 2000. Nantinya ketika ingin menyimpan dalam format ini maka pengguna dapat memilih ekstensi file .odt untuk Word, .ods untuk Excel, dan .odp untuk Powerpoint.
Dengan menggunakan plugin ini, pengguna Microsoft Office tidak perlu kebingungan ketika temannya yang menggunakan OpenOffice.org mengirim dokumen dalam format ini.

0 comments:

Template by : kendhin x-template.blogspot.com